Inovasi, Kunci Bertahan di Tengah Pandemi
Kamis, 22 Juli 2021 05:24 WIB

Ketua+Umum+Askonas

DUNIA konstruksi tak bisa dipungkiri ikut terpukul akibat pandemi Covid-19. Kontraktor yang semula mapan satu peraatu berguguran tak sanggup bertahan menghadapi kondisi sulit yang entah kapan akan berakhir. Sebagian lagi masih coba bertahan meski dengan kondisi yang serba terbatas.

Memang, pandemi Covid-19 menjadi pukulan telak yang tak pernah diduga sebelumnya. Ingar bingar dunia konstruksi di tengah upaya pemerintah yang terus berupaya mendorong pembangunan infrastruktur demi mendukung percepatan kesejahteraan masyarakat, tiba-tiba kolaps dihempas badai Covid-19.

Realokasi anggaran dan pembatalan sejumlah proyek dalam rangka penanganan Covid membuat kontraktor gigit jari. Alih-alih melaksanakan proyek, kontraktor justru harus berkutat mencari solusi agar tidak ikut tenggelam. Setidaknya perusahaan tetap bertahan meski kondisinya sangat tidal mudah.

Sejumlah kebijakan Pemerintah, disukai atau tidak, bersampak sangat serius bagi dunia konstruksi. Walau pun belakangan ini konstruksi kembali dilirik dan masuk salah satu kategori kritikal sehingga masih tetap bisa dilaksanakan kendati sedang ramai pembatasan mobilitas masyarakat.

Lalu pertanyaanya sekarang, apa yang harus dilakukan kontraktor? Jawabannya tentu saja tidak mudah. Tapi yang terpenting adalah bagaimana kontraktor tetap bisa terus berkarya untuk bangsa. Pahlawan tidak harus berperang di medan peperangan. Dengan kondisi seperti ini justru kita harus terus fokus dan sabar menjalankan kewajiban kontraktor tanpa mengeluh tetapi harus selalu inovatif dan kreatif dan jadilah pahlawan pahlawan konstruksi.

Bangsa ini butuh pergerakan nyata, tidak hanya sekadar saran dan usul saja, itu sudah cukup membantu pemerintah dalam rangka menghadapi masalah yang sedang dialami bangsa kita, paling tidak kita membantu membuka lapangan pekerjaan meskipun hanya kecil dan sementara.

Tak kalah penting dilakukan pelaku usaha konstruksi di saat pandemi ini adalah terus jalin komunikasi dan diskusi dengan berbagai pihak terkait dan sajikan ide-ide kreatif untuk sebuah solusi ke depan.

 

Ketua Umum Askonas

M Lutfi Setiabudi

 

COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News