Jembatan Sanggrahan Diganti Bailey, Pemasangan Diupayakan Sebelum Ramadhan
Rabu, 18 Maret 2020 12:11 WIB

Jembatan+Sanggrahan+bakal+diganti+sementara+dengan+bailey

SLEMAN  (wartakonstruksi.com) - Bina Marga Kabupaten Sleman mengupayakan secepatnya pemasangan jembatan bailey pada jembatan Sanggrahan Condongcatur. Pemasangan tersebut sebagai upaya antisipasi lonjakan arus jelang hari Raya Idul Fitri yang akan datang.

Sebelumnya jembatan Sanggrahan bagian sisi selatan mengalami kerusakan berat akibat banjir cuaca ekstrem beberapa pekan yang lalu. Karena itu untuk sementara jembatan sisi selatan ditutup, namun demikian pengguna roda dua (motor) masih diperbolehkan melintas di jembatan tersebut.

Baca juga

Kepala Bidang Bina Marga Sleman Achmad Subhan ST kepada media ini mengatakan, pihaknya telah berupaya untuk memasang jembatan beiley. Harapannya sebelum Ramadhan jembatan alternatif itu sudah terpasang.

Dia mengaku telah melayangkan surat peminjaman jembatan beiley tersebut ke Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional. "Karena sifatnya hanya sementara, makanya kami mengajukan peminjaman ke Balai Besar PJN," ungkap Subhan.

{$lg[1]}
erection drawing jembatan bailey

Pemasangan jembatan beiley dinilai perlu, karena lalu lintas di wilayah tersebut cukup padat. Ruas jalan tersebut sebagai alternatif penghubung jalan kaliurang dan Condongcatur. Selain itu wilayah tersebut padat penduduk.

Lebih jauh Subhan mengatakan, jembatan Sanggrahan sebenarnya sudah masuk dalam rencana kegiatan perbaikan di tahun 2021. Selain jembatan tersebut, kata dia, jembatan merah Gejayan juga akan dibangun di tahun yang sama.

Jembatan Sanggrahan, lanjut dia, usianya memang sudah uzur. "Terkait dengan usia jembatan memang sudah umur, kerusakan dipercepat akibat cuaca ekstrem sehingga jembatan tidak dimungkinkan lagi untuk dilalui kendaraan mobil," imbuh Subhan.

Sebelum diganti dengan jembatan baru, tambah dia, konstruksi jembatan lama akan dirobohkan. Jembatan bailey yang akan dipasang memiliki lebar sekitar 3 meter, cukup untuk dilalui mobil dan motor. 

Penulis : D-PS
Editor : Sodik
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News