Kemarau Panjang, Pemkot Kupang Sediakan Air Bersih Gratis 24 Jam Penuh
Jumat, 04 Oktober 2019 13:20 WIB

Wali+Kota+Kupang+saat+memberikan+keterangan+dalam+acara+coffee+morning+bersama+wartawan

KUPANG (wartakonstruksi.com) – Guna menjamin ketersediaan air bersih bagi warganya, Pemerintah Kota Kupang mengeluarkan kebijakan yang sangat populis. Pemkot menyediakan air bersih gratis yang dapat diakses warga setiap hari selama 24 jam penuh. Kebijakan mulai berlaku Oktober ini. 

Demikian disampaikan Wali Kota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore dalam acara coffe morning bersama wartawan belum lama ini. “Kita sangat serius menghadapi musim kemarau tahun ini. Kita akan sediakan air bersih gratis bagi warga Kota Kupang selama 24 jam sejak Oktober hingga musim hujan tiba,” ujar Wali Kota.

Baca juga

Ia menjelaskan, pihaknya telah meminta seluruh lurah di Kota Kupang untuk menyiapkan tandon sebagai wadah air gratis untuk warga. “Air gratis itu untuk umum. Jadi tandonnya diletakkan di pekarangan siapa saja boleh, tapi airnya digunakan untuk umum,” tandasnya.

Jefri menjelaskan bahwa Pemkot Kupang hanya memiliki 11 unit mobil tanki air yang dapat beroperasi. Oleh karena itu, ia telah menginstruksikan agar bekerja selama 24 jam sehari untuk melayani kebutuhan air bersih bagi warga Kota Kupang.

Lebih lanjut Jefri menjelaskan, kendala lain yang dihadapi pihaknya adalah antrean yang panjang di sumur-sumur bor tempat pengisian air milik swasta. Bila 11 unit mobil tanki air tersebut harus mengikuti antrean, maka frekuensi distribusinya akan terhambat.

"Solusinya kita juga sudah menyurati para pemilik sumur bor tempat pengisian air untuk mengutamakan mobil tanki milik Pemkot. Jadi mobil tanki Pemkot tidak perlu antre. Datang langsung diisi,” tandasnya.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Kota Kupang, saat ini Pemkot sedang membangun Instalasi Pengolahan Air Minum Kali Dendeng. Mulai tahun depan warga di beberapa kelurahan di sekitar Kali Dendeng sudah dapat dilayani dari instalasi yang sedang dibangun tersebut.

 

Penulis : Yoseph PS Bataona
Editor : Sodik
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News