Keren, Puluhan Anggota Karang Taruna Hargomulyo Ikut Pelatihan Jurnalistik
Senin, 30 September 2019 06:31 WIB

Puluhan+anggota+Karang+Taruna+Hargomulyo+ikut+pelatihan+jurnalistik

KULON PROGO (wartakonstruksi.com) - Puluhan anggota Karang Taruna Desa Hargomulyo, Kokap, mengikuti pelatihan jurnalistik di aula Balai Desa setempat, Minggu (29/9/2019). Kegiatan dengan tema "Peningkatan Kapasitas Karang Taruna Desa Hargomulyo" digelar sebagai upaya  mengembangkan media milik pemerintah desa sekaligus menambah pengetahuan tentang seluk – beluk dalam penulisan naskah berita.

Kepala Desa Hargomulyo, Burhani Arwin menuturkan, dengan adanya pelatihan jurnalistik ini diharapkan keberadaan media resmi milik pemerintah desa setempat bisa menjadi salah satu rujukan bagi masyarakat maupun sebagai sarana publikasi semua potensi yang ada di wilayah Desa Hargomulyo. 

Baca juga

“Kita kan ada web resmi,  dan dikelola oleh Karang Taruna. Harapannya media yang ada ini bisa dioptimalkan untuk memublikasikan berbagai capaian, baik dari desa, lembaga desa maupun elemen warga yang lain sehingga bisa diketahui oleh masyarakat luas,” tutur Burhani.

Ditambahkan juga, Desa Hargomulyo yang berada di perbatasan Kulon Progo dan Purworejo Jawa Tengah serta tidak jauh dengan lokasi Bandara YIA, terdapat 11 Pedukuhan dan kini memiliki BUMDes. Sehingga diharapkan mampu menangkap peluang dari sisi ekonomi dengan adanya pelatihan tersebut, serta bisa menjadi salah satu sarana peningkatan kesejahteraan. 

“Bisa saja kalau ke depan BUMDes itu mengelola media sendiri, terus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk sarana publikasi yang bersifat bisnis. Tapi paling tidak teman – teman Karang Taruna memahami tata cara penulisan berita yang menarik bagi publik kemudian bisa dituangkan di media milik desa sebagai sarana publikasi pembangunan," terangnya.

"Banyak warga sini yang sudah merantau dan mereka kangen untuk mengetahui perkembangan daerah asalnya sehingga hal ini perlu kita fasilitasi. Apalagi wilayan ini dekat dengan lokasi bandara,” sambungnya.

Salah satu pemateri pelatihan jurnalistik yang diikuti tidak kurang dari 25 orang peserta ini, adalah jurnalis Warta Konstruksi, Bhisma Bharata. Pada kesempatan itu, Bhisma berbagi pengalaman menulis berita di samping mengenalkan konten berita yang disajikan Warta Konstruksi yang hadir dalam dua format yaitu online melalui laman wartakonstruksi.com dan format majalah dengan nama WK Magz.

"Materi pokok yang disampaikan berkaitan dengan tata cara pengambilan gambar atau memotret, lalu juga tata urutan penulisan naskah berita untuk media online maupun majalah. Harapannya hasil dari pelatihan ini bisa diaplikasikan dalam pengembangan media milik desa," katanya.

Tidak hanya itu, Bhisma mengajak peserta untuk ikut serta menulis di medianya. Ia menegaskan siap membantu dan memfasilitasi peserta yang tertarik mengirimkan tulisannya. "Sekarang arah pembangunan itu kan dari bawah, kami mengajak semuanya, sebagai bagian dari usaha mengawal pembangunan itu dengan menulis. Monggo Warta Konstruksi terbuka bila ada peserta yang tertarik mengirimkan karyanya," pesan Bhisma.

 

Penulis : WK-004
Editor : Sodik
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News