Kontraktor Lega, Proyek Gedung Bapas Kelas I Yogyakarta Kelar Sesuai Rencana
Selasa, 04 Januari 2022 10:26 WIB

Gedung+Bapas+Kelas+I+Yogyakarta+

SLEMAN (wartakonstruksi.com) - Pelaksana proyek pembangunan gedung kantor Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Yogyakarta, CV. Bintang Abadi bisa bernafas lega. Proyek senilai Rp 5 miliar lebih itu akhirnya selesai dikerjakan sesuai dengan rencana.

"Alhamdulillah pekerjaan sudah selesai sesuai dengan rencana dan sudah diserahterimakan untuk pertama kali atau PHO (provisional hand over-red) pada tanggal 31 Desember 2021," ucap Bima Bhakti Nusantara selaku pelaksana proyek.

Baca juga

Menurut Bima, meski sudah dilakukan serah terima namun hasil pekerjaan masih menjadi tanggung jawab pelaksana selama masa pemeliharaan hingga 180 hari kalender ke depan, atau hingga akhir Juni 2022 mendatang. Setelah itu baru dilakukan Final Hand Over (FHO).

Lebih jauh dijelaskan, pembangunan gedung kantor Bapas Kelas I Yogyakarta berlangsung selama 142 hari kalender terhitung mulai 12 Agustus 2021. Item pekerjaan meliputi pekerjaan struktur, arsitektur, elektrikal mekanikal dan tata lingkungan.

{$lg[1]}
Pembangunan Gedung Bapas Kelas I Yogyakarta selesai sesuai jadwal. Foto: ist

Dalam pelaksanaannya, Bima mengaku ada sedikit hambatan. Namun dengan komitmen yang baik dan langkah percepatan termasuk menambah tenaga dan memberlakukan lembur, maka pekerjaan bisa selesai sesuai harapan

Bima kembali menampik tudingan yang sempat dialamatkan mengenai banyaknya subkon pada proyek tersebut. Dia memastikan seluruh pekerjaan digarap sendiri, bukan pihak lain.

"Pekerjaan kami kerjakan sendiri, kecuali cor beton ready mix. Ada subkon itu baja ringan karena kan harus aplikator baja karena juga terkait dengan garansi rangka baja 10 tahun,” jelasnya.

Ditambahkan, secara kasat mata terlihat bahwa pekerjaan seperti belum tuntas. Hal itu karena belum adanya pagar dan penataan di bagian depan. Namun demikian, ia menegaskan bahwa seluruh pekerjaan kontraktual telah selesai. Sedangkan pagar dan penataan bagian depan, tidak termasuk dalam item pekerjaan.

"Memang tidak termasuk pagar dan penataan di depan. Seluruh item pekerjaan kontraktual sudah kami selesaikan. Pagar, kemungkinan nanti akan ada penganggaran lagi karena anggaran yang sekarang tidak cukup," pungkasnya.

 

Penulis : O-Kz
Editor : Dodi Pranata
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News