On Schedule, Proyek Embung Muallimin Belum Sentuh Padat Karya
Rabu, 16 Juni 2021 08:02 WIB

Pengumuman+tender+embung+Muallimin

BANTUL (wartakonstruksi.com) – Guna mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat, Kementerian PUPR menyisipkan program padat karya pada setiap proyek yang dikerjakan tahun 2021 ini. termasuk di antaranya proyek embung milik BBWS Serayu Opak.

Dari 3 embung yang dibangun di DIY tahun ini, hanya embung Muallimin di Sedayu yang belum menyentuh program padat karya ini. Bila tidak meleset, pekan ini mestinya program padat karya pada proyek embung senilai Rp 6,1 miliar yang digarap kontraktor asal Padang Sumatera Barat.

Baca juga

“Semua ada padat karyanya, embung juga. Yang belum (padat karya, red) hanya Muallimin yang di Jogja. Yang lainnya sudah. Kalau bisa minggu depan (minggu ini, red), bisa padat karya,” ucap PPK DSE, Eko Supriyanto ST, belum lama ini.

Eko menjelaskan, untuk waktu pelaksanaan padat karya semula ditetapkan sampai Lebaran 1442 H yang lalu. namun karena banyak kontrak proyek baru ditandatangani saat bulan puasa, maka jadwalnya padat karya diperpanjang sampai kontrak berakhir.

Hal itu dilakukan untuk mengejar HOK atau hari orang kerja pada program tersebut. sedangkan HOK untuk setiap proyek bervariasi disesuaikan dengan volume yang bisa dikejar dengan program padat karya. “Ada yang 20, ada 40 juga ada yang 60 orang,” sambungnya.

Dibanding embung-embung yang lain, embung Muallimin disebut paling mudah. Lokasinya juga cukup mudak diakses karena berada tidak jauh dari jalan raya. Belum lagi, pihak Muallimin cukup membantu dalam proses pelaksanaan pembangunan.

“Tiap minggu ada rapat briefing dengan balai, pelaksana, dan dari Muallimin. Sejauh ini tidak ada masalah, yang Muallimin masih on schedule. Dari segi lokasi juga tidak ada masalah, dekat jalan,” jelas Eko.

Seperti juga embung lain yang sudah dibangun sebelumnya, embung Muallimin memiliki fungsi untuk retensi banjir, ecowisata penghuni pondok, juga untuk irigasi. Untuk keperluan irigasi, di bagian outlet akan dibuat pasangan untuk saluran irigasi dengan panjang 20 – 25 meter.

Secara keseluruhan ada 7 embung yang dibangun BBWS Serayu Opak pada tahun 2021 ini. Tiga embung berada di DIY yakni embung Sendangtirto, Imogiri II dan Muallimin. Sedangkan 4 lainnya di wilayah Jawa Tengah. Embung Dukun dan Bandungrejo berada di Magelang dan dua lainnya di Cilacap yakni embung Karangkemiri dan Semangkir.

 

Penulis : O-Kz
Editor : Dodi Pranata
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News