Peningkatan Jalan Serang – Kepek: Pekerjaan Hampir Kelar, Pekan Ini Pra PHO
Senin, 23 Agustus 2021 11:49 WIB

Proyek+Serang+Kepek+sentuh+96+persen

KULON PROGO (wartakonstruksi.com) – Proyek peningkatan jalan Serang – Kepek Pengasih, Kulon Progo mendekati akhir. Progress pekerjaan garapan PT. Selo Adikarto (SAK) ini menyentuh 96 persen dan pada pekan ini sudah dilakukan pra provisional hand over (PHO).

“Minggu ini sudah Pra PHO. Progress kita sekarang sudah 96 persen,” ucap Sutarmin, pelaksana proyek peningkatan jalan Serang – Kepek kepada media ini, kemarin.

Baca juga

Menurut Sutarmin, dalam pelaksanaannya ada sedikit pekerjaan sehingga berdampak pada penambahan waktu pelaksanaan pekerjaan selama 25 hari. Penambahan ini dimanfaatkan untuk memaksimalkan cor beton bahu jalan kanan dan kiri akses jalan kampung maupun warga.

Tambahan lain adalah ekspansion join pada bagian jembatan. “Ada tambahan pekerjaan tapi tidak banyak, hanya penambahan bahu jalan biar lebih aman. Tambahan lain ekspansion join di jembatan,” ungkap Sutarmin.

Pekerjaan utama pada proyek peningkatan jalan Serang – Kepek adalah perkerasan jalan dengan rigid beton. Jalan dengan lebar 5 meter itu ditingkatkan dengan beton FS 45 tebal 26 cm, dan bahu jalannya menggunakan beton FC 20.

“Khusus untuk tikungan kualitas beton FS 45 tapi lebih lebar yaitu lebar 5,5 meter sampai dengan 6 meter,” terang Sutarmin.

Selain itu ada pula pekerjaan saluran menggunakan U-Ditch dan sebagian lain menggunakan pasangan batu. Pekerjaan pasangan dilaksanakan di spot 260 sampai 393 sedangkan pemasangan U-Ditch dengan ukuran 80 x 60 dilakukan di sepanjang kiri jalan dari sta 0+500 sampai dengan 1+021 dan sisi kanan dat 0+458 sampai dengan 1+018.

“Pada bagian akses ke rumah warga dilengkapi dengan penutup,” sambungnya.

Di sepanjang pekerjaan juga terdapat 4 titik gorong-gorong di mana 2 di antaranya merupakan permintaan warga. Gorong-gorong ini dipasang dengan box culvert ukuran 80 x 80 cm.

Penulis : O-Kz
Editor : Dodi Pranata
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News