Diberi Waktu 14 Hari, Pelaksana Optimis Perbaikan Saluran Jebol di Kalibawang Tuntas Dalam Sepekan
Minggu, 26 September 2021 05:16 WIB

Perbaikan+saluran+Kalibawang

KULON PROGO (wartakonstruksi.com) - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak memberi waktu 14 hari kepada pelaksana untuk mengembalikan kondisi saluran Irigasi Kalibawang yang jebol di Dusun Pantog Wetan, Banjaroya, Kalibawang. Namun pelaksana siap menyelesaikan pekerjaan dalam waktu sepekan.

Suroji, pelaksana lapangan PT. Aneka Dharma Persada ditemui di lokasi perbaikan saluran yang jebol mengungkapkan, sesuai data yang tertulis pada bagian samping bangunan saluran, bahwa saluran yang jebol sudah berusia cukup tua dibangun tahun 1976.

Baca juga

Saluran yang jebol itu, kata dia, mengutip pernyataan saksi warga setempat, bukanlah fasilitas yang jebol pertama kali. Sebab, yang jebol pertama kali setelah diguyur hujan deras pada 21 September lalu adalah bagian jembatan pada jalan inspeksi di samping saluran.

"Jembatan dulu yang jebol baru kemudian saluran ini juga ikut jebol. Konstruksinya memang sudah lama, tahun 1976. Kita diberi waktu 14 hari untuk memperbaiki dan mengembalikan kondisi yang jebol, tapi ini seminggu saya kira juga sudah selesai," ucap Suroji, Sabtu (25/9/2021).

{$lg[1]}
Bagian jembatan pada jalan inspeksi yang jebol juga akan diperbaiki. Foto: dok WK

Menurut Suroji, mengingat kondisi yang cukup mendesak maka pengembalian saluran dilakukan dengan konstruksi yang berbeda dari aslinya. Bila saluran lama menggunakan pasangan batu, maka pengembalian dilakukan dengan cor beton. Hari Senin (27/9/2021) proses pengecoran dipastikan sudah selesai. “Senin pengecoran sudah selesai, nanti tinggal nunggu umur beton,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, akan ada pemasangan pintu penguras dengan ukuran lebar 60 cm dan tinggi 100 cm. Juga ada terowongan pembuang dengan box culvert ukuran 1 x 1 meter.

Disinggung terkait perbaikan jalan dan jembatan pada jalan inspeksi, dia menyebut bahwa jembatan akan diganti baru menggunakan girder dengan bentang 4 meter lebar 4 meter. Hanya saja untuk perbaikan jembatan dan jalan masih menunggu desain. "Desainnya belum selesai," pungkasnya

 

Penulis : O-Kz
Editor : Dodi Pranata
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News