Disupport Dinas, Kelompok Ternak Sapi Ngudi Makmur Bangun Tower Tandon Air
Sabtu, 07 Oktober 2023 20:12 WIB

Kelompok+ternak+sapi+Ngudi+Makmur+membangun+tower+air+dengan+support+dinas.+Foto%3A+W+Damaryanti

KULON PROGO (wartakonstruksi.com) - Sejumlah warga nampak semangat bergotong royong membangun tower tandon air dari beton di pinggir sawah, di belakang sentra kandang sapi milik Kelompok Ternak Sapi Ngudi Makmur, Padukuhan Bendungan Lor, Bendungan, Wates, Kulon Progo, Jumat, (6/10/2023).

Ketua Kelompok Ternak Sapi Ngudi Makmur, Barman menjelaskan pembangunan menara tandon air dari beton ini merupakan bantuan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kulon Progo.

Baca juga

Bantuan yang diterima untuk pembangunan tower air ini senilai Rp 100 juta. "Pembangunan menggunakan dana bantuan Dinas Pertanian dan Peternakan Kulon Progo senilai seratus juta rupiah," terang Barman.

Pembangun tower air ini untuk mendukung kegiatan pertanian dan juga peternakan di kawasan tersebut khususnya untuk Kelompok Ternak Ngudi Makmur.

"Harapan kelompok tentu adanya bantuan ini bisa untuk mendukung usaha peternakan yaitu menjaga kesehatan ternak," katanya.

Barman merinci toren tower air yang dibangun ini berkapasitas 24 meter kubik.  Ukuran bangunan 3 × 4 meter, tinggi bak 2 meter.

"Pengerjaan secara swadaya kelompok, ini sudah dimulai hampir dua minggu sudah sejak Senin yang lalu, tanggal 25 September. Targetnya dari dinas itu 45 hari selesai," jelasnya.

Jika sudah selesai nantinya tandon akan diisi air dari sumur yang selama ini menjadi sumber air warga.

"Pengerjaan swadaya kelompok semoga cepat selesai. Setelah selesai bisa dipakai ini akan memudahkan petrrnak memandikan sapi tinggal muter kran saja kalau selama ini kan manual menimba butuh waktu panjang tenaga juga," katanya.

Kelompok Ternak Sapi Ngudi Makmur, Padukugan Bendungan Lor, Bendungan, Wates, Kulon Progo berdiri sejak 1982, beranggotakan 25 orang, kini memiliki ternak 55 sapi.

Eksis 2016 baru bangkit setelah ada bantuan pemerintah 275 juta untuk pembangunan rumah UPPO (Unit Pengolahan Pupuk Organik), mesin pencacah pakan mesin pengolajan pupik organik pemblian viar roda 3, pembelian sapi, perbaikan kendang.

Penulis : W Damaryanti
Editor : Dodi Pranata
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News