Ditinjau Menteri Basuki, Begini Kondisi Terkini Gerbang Klangon
Sabtu, 14 November 2020 06:28 WIB

menteri+basuki+hadimuljono+meninjau+gerbang+klangon

KULON PROGO (wartakonstruksi.com) – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau langsung pembangunan Gerbang Klangon di Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo. Gerbang Klangon dengan tema Samudra Raksa menjadi pintu masuk KSPN Borobudur.

Progress pembangunan Gerbang Klangon sendiri sudah mendekati akhir. Progress pembangunan gerbang yang digarap PT. Sari Gunung Mataram Sakti sudah mencapai 93,16 persen. Menteri Basuki beserta rombongan, menyempatkan meninjau Gerbang Klangon di sela kunjungan kerja ke kawasan Borobudur, Jumat (13/11/2020).

Baca juga

Wujud Gerbang Klangon sendiri mulai terlihat jelas. Fasilitas pendukung pun mulai tampak. Meski belum sempurna, namun sudah tampak indahnya pemandangan gerbang yang dibangun di perbatasan DIY – Jawa Tengah ini. Hampir seluruh fasilitas sudah ada di lokasi.

Dibangun di atas lahan seluas 7.100 meter persegi, Gerbang Klangon terdiri dari view deck setinggi 30 meter. Dari view deck wisatawan bisa menikmati indahnya sunset dan menikmati keindahan panorama di sekitar dan aliran sungai Progo yang membelah wilayah DIY dan Jawa Tengah.

{$lg[1]}
Gerbang Klangon mulai terlihat wujudnya pada progres pekerjaan 93, 16 persen.

“Dari view deck, pengunjung diarahkan turun melalui ramp selebar 3 meter, menuju taman-taman yang dibuat bertingkat. Di sini pengunjung bisa sejenak berhenti untuk swafoto sebelum turun kembali menuju rest area,” ungkap Fery Yuliatna, PPK Proyek Gerbang Klangon.

Di rest area yang dibangun 2 lantai, disediakan tenant-tenant untuk menjual souvenir, cindera mata, food court dan cafe. Fasilitas-fasilitas ini nantinya akan dikelola Pemerintah Daerah dengan tenaga kerja diharapkan berasal dari masyarakat sekitar. Area ini juga dilengkapi dengan toilet, mushola dan area aparkir seluas 2.000 meter peregi di sisi timur dan barat.

{$lg[1]}
Menteri PUPR meninjau area food court Gerbang Klangon

Di bagian perbatasan, dibangun penanda masuk dari wilayah Yogyakarta ke Jawa Tengah. Di perbatasan ini dibangun gerbang kapal Samudraraksa. Gerbang mengambil tema relief yang ada di Candi Borobudur. “Di sisi kanan, dibangun gerbang kapal dan di sisi kiri dibangun gerbang ombak dengan tinggi 14 meter, panjang 10 meter dan lebar 3 meter. Prosesnya sudah tahap finishing,” jelasnya.

Proyek gerbang klangon dikerjakan dengan waktu 9 bulan, terhitung mulai 27 Februari dan akan berakhir pada 6 Desember 2020. Kendala sempat dialami di awal pekerjaan dimulai. Pelaksana sempat kesulitan melansir material dan alat pada bukit setinggi 30 meter yang disulap menjadi view deck.

Harapannya, proyek pendukung KSPN Borobudur ini dapat meningkatkan animo wisata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

                                                                              

Penulis : O-Kz
Editor : Dodi Pranata
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News