JALAN KABUPATEN: Tahun Depan Mulai Dilebarkan, Dilakukan Dalam 2 Tahap
Rabu, 09 Oktober 2019 13:20 WIB

Mulai+tahun+depan+Jalan+Kabupaten+dilebarkan

SLEMAN (wartakonstruksi.com) - Ruas Jalan Kabupaten, Joten, Sendangadi, Mlati, Sleman masuk proritas rencana proyek peningkatan tahun depan. Ruas yang berada di pintu masuk kota kabupaten itu disebut-sebut sudah selayaknya untuk dibangun.

Jika menilik kepadatan lalu lintas yang ada, jalur tersebut memang cukup padat. Menurut data yang dimiliki PU Sleman, ruas yang menghubungkan jalan Godean dan berakhir di depan Pengadilan Negeri (PN) Sleman itu memiliki panjang 5,5 Km.

Baca juga

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman Achmad Subhan ST kepada wartakonstruksi.com, Rabu (9/10/2019) mengatakan, rencana peningkatan ruas jalan kabupaten sudah dimulai sejak tahun 2017. "Penanganannya kita lakukan secara bertahap," ungkap Subhan.

Pihaknya bersama dengan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (PTR) Sleman dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) mempersiapkan batas-batas yang akan digunakan untuk pelebaran jalan di ruas tersebut.

{$lg[1]}
Sejumlah patok sudah dipasang Bina Marga, Dinas PUPKP Sleman di sepanjang Jalan Kabupaten. Foto: Dok WK

Dinas PTR, lanjut dia, memiliki kewenangan untuk menentukan persil dan batas wilayah sedangkan BPKAD mempersiapkan biaya dan anggaran penggantinya, sementara Bina Marga memasang patok pembatasnya.

Menurut Subhan, idealnya jalan kabupaten ini memiliki lebar 5,5 meter, sehingga leluasa untuk semua jenis kendaraan. Saat ini, kata dia, jangankan kendaraan besar untuk kendaraan sekelas sesama Pajero saja kalau berpapasan salah satunya harus ada yang mengalah.

{$lg[1]}
Kabid Bina Marga Dinas PUPKP Sleman. Foto: Dok

Ia menjelaskan, kenapa peningkatan jalan kabupaten dilakukan secara bertahap? lagi-lagi soal keterbatasan anggaran. Dengan alasan itu maka penanganan akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama, akan diusulkan untuk dibangun tahun depan dengan menggunakan dana ABT, panjang yang akan ditingkatkan sementara sepanjang 2 km, mulai dari jembatan barat PN Sleman hingga perempatan Ring Road Kronggahan.

“Tahun ini kita mengerjakan pemeliharaan jalan di ruas Mulungan-Drono, jalan yang menghubungkan Jalan Magelang dengan komplek perkantoran Pemda Sleman, tepatnya di bawah jembatan depan PN Sleman,” imbuhnya.

 

 





Penulis : D-PS
Editor : Sodik
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News