Jembatan Gangin Direkonstruksi Pakai Dana DSP BNPB, Nilai Tidak Diketahui
Jumat, 23 Agustus 2019 19:58 WIB

Jembatan+Gangin+mulai+direkonstruksi

BANTUL (wartakonstruksi.com) - Jembatan Gangin di Kecamatan Kasihan, Bantul sedang dibangun. Rekonstruksi jembatan yang ambruk akibat diterjang badai Cempaka pada akhir 2017 silam tersebut dibangun oleh Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) dengan menggunakan dana pusat.

Pelakasanaan pembangunan direncanakan akan memakan waktu tiga bulan, sampai Jumat (23/8/2019) ini, waktu pelaksanaan sudah sekitar satu bulan berjalan, progres pekerjaan baru pembesian pada abutmen jembatan.

Baca juga

Namun sayang, pagu dana untuk pembangunan jembatan tersebut belum diketahui. Pasalnya pada papan proyek pembangunan jembatan tersebut tidak tertera jumlah pagu dana yang dianggarkan, hanya mencantumkan nama pelaksana, sumber dana, dan waktu pelaksanaan.

Sebelumnya, Pemkab Bantul bersiap mengalokasikan dana Rp 2 miliar untuk merekonstruksi jembatan Gangin tersebut. Namun rencana itu batal dilaksanakan sebab anggaran yang digunakan akhirnya adalah dana DSP (Dana Siap Pakai) BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kabupaten Bantul, Yudo Wibowo, S.T sebelumnya sempat mengatakan bahwa dana untuk proyek pembangunan jembatan Gangin akan menggunakan dana APBD. Dana yang dianggarkan sebesar Rp 2 miliar.

Masih menurut Yudo, Jembatan Gangin baru berdasarkan perencanan akan memiliki bentang 16 hingga 20 meter, sebelum ambruk jembatan Gangin hanya memiliki bentang 2 meter. Selama belum direkonstruksi akses lalu lintas sempat terputus, namun setelah dibangun jembatan bailey lalu lintas dapat kembali terhubung. Namun belum bisa disebut normal, karena pengguna jalan terutam roda empat harus bergantian.

 

Penulis : D-PS
Editor : Sodik
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News