Peningkatan Jalan Sermo – Klepu Selesai, Lebih Kokoh dengan Rigid Beton
Kamis, 07 Oktober 2021 13:24 WIB

peningkatan+jalan+Sermo+-+Klepu

KULON PROGO (wartakonstruksi.com) – Proyek peningkatan jalan ruas Sermo – Klepu selesai dikerjakan. Proyek garapan PT. Selo Adikarto senilai Rp 6,8 itu telah dilakukan penyerahan tahap pertama atau provisional hand over (PHO) pada 29 September lalu.

Ruas Sermo – Klepu awalnya memiliki lebar cukup kecil. Kondisi jalan sangat berbahaya terutama saat turun hujan dengan minimnya saluran dan tebing di kiri jalan yang rawan longsor. Namun kini, kondisi jalan sudah jauh berbeda.

Baca juga

Melalui proyek yang digarap dengan dana APBD DIY, kondisi jalan sudah sangat memadai. Panjang jalan di ruas Sermo – Klepu yang mendapat penanganan sepanjang 1008 meter. Dari angka itu, 940 meter ditingkatkan dengan rigid beton dan 68 meter sisanya dengan aspal.

“Alhamdulillah pekerjaan sudah selesai, dan sudah dilakukan PHO pada tanggal 29 September yang lalu,” ucap Andi Kurniawan Dharma, PPK proyek peningkatan jalan ruas Sermo - Klepu.

{$lg[1]}
Dari 1008 meter jalan yang ditingkatkan, 940 meter ditingkatkan dengan rigid beton sisanya dengan aspal

Sutarmin, pelaksana proyek mengungkapkan, perkerasan jalan dengan rigid beton FS 45  tebal 25 cm. lebar perkerasan 5,5 meter sampai 7 meter dengan lebar bahu jalan bervariasi. Bagian bahu jalan baik kanan maupun kiri menggunakan beton FC 15 tebal 15 cm.

Selain perkerasan jalan dan bahu jalan, kata Sutarmin, pekerjaan lain meliputi retaining wall di kiri jalan dengan beton FC 20, pasangan batu pada talud di sisi kiri dan kanan jalan, pasangan batu pada saluran di sisi kanan jalan, lalu pemasangan U-Ditch ukuran 60 x 70 cm di kanan jalan.

“Pekerjaan sudah selesai dan sudah PHO. Peningkatan jalan ini akan membantu mempermudah akses masyarakat yang melalui jalan tersebut,” pungkasnya.

Penulis : O-Kz
Editor : Dodi Pranata
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News