Top.. Proyek Perkuatan Tebing Sungai Winongo Gading Kretek Kelar 1,5 Bulan Lebih Awal
Minggu, 01 November 2020 19:04 WIB

perkuatan+tebing+sungai+winongo+gading+kretek

BANTUL (wartakonstruksi.com) - Pelaksanaan proyek pemeliharaan berkala Sungai WS POS, selesai lebih awal. Proyek yang digarap CV. Atmo Putro telah mencapai 100 persen sejak 10 Oktober 2020, mengalami deviasi positif sebesar 35 persen dari target rencana 65 persen.

“Lama pelaksanaan 140 hari mulai tanggal 20 Juli sampai 7 Desember 2020, sampai sekarang pekerjaan sudah 100 persen pada 10 Oktober lalu dengan target rencana 65 persen. Pekerjaan mengalami deviasi positif 35 persen dengan sisa waktu kurang lebih 1,5 bulan,” ucap Anjar Riskianto, Site Manajer Proyek Pemeliharaan Berkala Sungai WS POS.

Baca juga

Menurut Anjar, pekerjaan pada proyek itu adalah menanggulangi tanggul tebing terhadap longsoran yang terjadi. “Item pekerjaan meliputi pasangan batu, cor beton dan pembesian,” ucap Anjar.

Dia menjelaskan, pekerjaan ada di 4 titik. Titik lokasi pertama sepanjang 55 meter, lokasi kedua 30 meter, lokasi 3 sepanjang 28 meter dan lokasi 4 sepanjang 50 meter. “Dimensi tinggi masing-masing titik lokasi, hampir sama yakni memiliki ketinggian 4 meter,” terangnya.

Metode pekerjaan dilaksanakan dengan melakukan pengurugan pada tiap titik longsoran. Setelah proses mengurugan selesai, dilanjutkan dengan pekerjaan pekerjaan penguatan tebing. Metodenya, melakukan galian dan melanjutkannya dengan pekerjaan pasangan batu secara bertahap.

Proses pengurugan dilakukan bertahap beberapa layer sebelum galian pasangan batu. Pada setiap 3 meter dari pekerjaan itu, ada pekerjaan kolom tengah dan ada pekerjaan ring sebagai penguat.

“Khusus untuk lokasi titik 3, ada tambahan pekerjaan pintu klep yang berfungsi untuk membuang air dari irigasi yang terdapat di belakang tanggul tebing titik 3,” tambahnya.

Selama proses pekerjaan, pelaksana menerjunkan 2 excavator, 4 molen, 2 pompa air, dan ada tambahan 2 kapal kecil untuk melakukan pekerjaan lansiran. Jumlah personel diterjunkan sebanyak 70 orang hingga pertengahan pekerjaan. Mendekati finishing personel berkurang menjadi 40 orang.

 

Penulis : O-Kz
Editor : Dodi Pranata
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News