Berlangsung Ketat, Cahyo Baroto Kembali Pimpin DPD AKLI DIY
Kamis, 13 Februari 2020 21:42 WIB

Ketua+DPD+AKLI+DIY+Periode+2020+-+2025

YOGYAKARTA (wartakonstruksi.com) – Cahyo Baroto SE akhirnya kembali terpilih sebagai Ketua DPD Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia (AKLI) DIY. Dalam Musda XII yang digelar di Hotel Grand Zuri, Kamis (13/2/2020) Cahyo berhasil menyisihkan empat kandidat lainnya.

Cahyo yang merupakan petahana memperoleh 28 suara, pesaing terdekatnya Danar Ismail memperoleh 25 suara, lalu Danar W juga 25 suara dan Hepi 23 suara, sedangkan peserta lain, Yana memperoleh 21 suara. Dengan demikian Cahyo akan kembali memimpin AKLI DIY periode 2020-2025.

Baca juga

Cahyo sendiri sebelumnya mengklaim tidak berambisi melanjutkan kepemimpinan di AKLI. Ia memilih membiarkan roda organisasi berjalan dinamis dan proses regenerasi berjalan dengan baik. Ia mengaku tidak tertarik mengikuti jejaK organisasi lain yang proses pemilihan ketuanya banyak berakhir dengan suara aklamasi.

“Tidak ada calon tunggal, tidak ada aklamasi. Biarkan mengalir saja. Saya juga tidak mau ambisi terus di sini. Satu periode saja sudah cukup. Kan enggak harus dua periode toh? Tanyanya.

Di sisi lain, Cahyo sendiri sempat mengkritisi regulasi ketenagalistrikan yang dinilainya membuat kontraktor kewalahan karena cost yang keluarkan membengkak. Pembengkakan terjadi karena setiap pekerjaan harus didukung ahli yang memiliki sertifikat.

Dengan aturan yang baru tukang gali tiang listrik saja harus memiliki sertifikat ahli yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi keahlian (LSK). "Dan tidak mungkin hanya memiliki satu orang tukang gali kan," ungkap Cahyo.

Selain tukang gali, yang harus memiliki serifikat ahli adalah bagian tukang tarik tiang (erection tiang) dan bagian tukang narik kabel. Belum lagi aturan soal IMB yang harus sesuai dengan alamat dan peruntukannya.

Menurutnya, regulasi itu memang penting namun pembuat aturan pun harus memahami kondisi yang akan dialami oleh pengguna aturan tersebut. Idealnya aturan dibuat untuk membawa perbaikan.

Selain memilih ketua baru, Musda XII AKLI DIY juga diisi dengan paparan produk berupa produk tiang, trafo, dan pengamanan. Kegiatan cukup menarik atensi peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan pada sesi tersebut.

 

 

 

Penulis : O-Kz
Editor : Dodi Pranata
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News