Hampir Tuntas, 3 Sabo Baru Siap Tangani Lahar Dingin Merapi
Rabu, 18 November 2020 16:49 WIB

progres+sabo+dam+Kapuhan+menyentuh+92+persen

SLEMAN (wartakonstruksi.com) - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak memastikan tiga proyek sabo yang masih dalam tahap penyelesaian siap mengendalikan lahar dingin Merapi bila terjadi erupsi dalam waktu dekat. 

Status gunung Merapi memasuki level III (Siaga) sejak beberapa waktu lalu. Peningkatan status ini membuat pemerintah mengungsikan warga yang berada di sekitar gunung, tak terkecuali hewan ternak mereka.

Baca juga

PPK Pengendalian Lahar Gunung Merapi, BBWS Serayu Opak, M Fahrurozi ST MT mengungkapkan, pekerjaan pembangunan sabo dam Kapuhan, Lamat - Senowo, sudah hampir selesai. Dari sisi konstruksi, ketiga sabo dam itu sudah siap menangani lahar Merapi bila terjadi erupsi.

"Pekerjaan bagian bawah di Kapuhan, Lamat Senowo sudah selesai semua, jadi kalau misalnya terjadi banjir lahar sudah bisa ditangani. Tidak masalah," ucap Fahrurozi kepada media ini, Rabu (18/11/2020).

{$lg[1]}
M Fahrurozi ST MT, PPK Pengendalian Lahar Gunung Merapi

PPK yang akrab disapa Fauzi mengungkapkan, progres pembangunan sabo dam Kapuhan sudah mencapai 92 persen. Sisa pekerjaan hanya tinggal bagian atas berupa penahan wing wall. Pekerjaan di sabo dam Lamat Senowo juga sudah mencapai 90 persen. Sisa pekerjaan hanya tinggal finishing.

Kemudian pekerjaan pembangunan sabo dam Kali Bebeng sudah mencapai 86 persen. Di proyek ini, pekerjaan bagian bawah juga sudah selesai sehingga sudah siap bila terjadi banjit lahar. Wing wall penahan lumpur bila terjadi luapan juga sudah selesai.

Terkait keselamatan pekerja menyusul peningkatan status Merapi, Fauzi menegaskan bahwa pihaknya sudah menanyakan langsung hal itu kepada BPPTKG. Hasilnya pekerjaan masih boleh dilanjutkan sembari mengamati perkembangan situasi.

Tak hanya itu pihaknya juga sudah mendatangi ketiga proyek dan mengumpulkan para pekerja dan K3 untuk menyiapkan jalur evakuasi bilamana terjadi situasi darurat. "Jadi kalau nanti harus evakuasi jalaurnya kemana, kendaraannya dan seterusnya semua sudah disiapkan," jelasnya.

Ditambahkan, secara keseluruhan terdapat 272 sabo dam pengendali lahar gunung Merapi tersebar di 15 sungai, paling barat di Sungai Apu dan pqling timur di Sungai Woro. Sèluruh sabo dam yang tersedia mampu mrnampung 13 juta meter kubik lahar dingin Merapi.

"Memang itu belum cukup untuk menampung lahar dingin bila terjadi erupsi seperti tahun 2010 lalu. Sebenarnya kalau hasil revieu paska letusan tahun 2010 itu kita masih kurang 52 sabo lagi," tambahnya.

Sutapa dari pelaksana proyek sabo dam Kapuhan sebelumnya mengungkapkan bila proyek hampir selesai. Sisa pekerjaan hanya tinggal memasang penutup 2 lubang pengalih air. “Minggu depan (minggu ini, red) selesai,” katanya.

Penulis : O-Kz
Editor : Dodi Pranata
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News