JALAN KERTODININGRAT: Rusak dan Berdebu, Warga Mengeluh Perbaikan Tak Kunjung Dilakukan
Senin, 12 Agustus 2019 21:19 WIB

Rusak+parah+dan+berdebu

KULONPROGO (wartakonstruksi.com) - Kerusakan jalur alternatif Jalan Kertodiningrat menuju Mapolres Kulonprogo dikeluhkan sejumlah warga yang bermukim dan memiliki usaha ditepi jalur tersebut. Kerusakan makin parah saat adanya kendaraan berat yang melintas di ruas jalan tersebut.

Dari pemantauan dilokasi, jalur alternatif di wilayah Pedukuhan Kemiri Desa Margosari, Kecamatan Pengasih, sepanjang tidak kurang dari 1 kilometer dengan badan jalan sekitar 6 meter ini, mengalami kerusakan yang cukup parah. Kondisi jalan bergelombang dan ambles, material jalan berupa batu sebesar ibu jari kaki bercampur pasir juga tampak berserakan. Saat ada kendaraan yang melintas dipastikan debu langsung berterbangan di sepanjang jalan tersebut.

Baca juga

Kepala Dukuh Kemiri, Daliman, ditemui di rumahnya, Senin (12/8/2019) menuturkan, perbaikan kerusakan di jalur itu selalu diusulkan tiap tahun melalui Musbangdes maupun langsung ke Pemkab Kulonprogo.

“Tiga tahun ini terus kita usulkan tapi sama sekali belum ada informasi untuk perbaikan. Beberapa warga disekitar sudah sering mengeluh ke saya, terutama yang punya warung, kalau pas ada kendaraan lewat itu debunya sangat mengganggu, apalagi seperti sekarang ini pas musim kemarau,” ungkap Daliman.

Kerusakan jalan yang dibangun pada kisaran tahun 2015 mulai terjadi saat armada dengan muatan berat diizinkan melintas, dan kemudian diperparah dengan adanya angkutan dari pabrik pemecah batu yang terletak tidak jauh dari jalan tersebut.

“Seingat saya, dulu itu banyak truk yang melayani pembangunan bandara lewat di situ, pas tahun kemarin ada pengurukan, terus dilewati truk yang setor ke pemecah batu dan sekarang kondisinya ya seperti itu,” ungkapnya.

Jalan Kertodiningrat menjadi akses jalan yang cukup vital, lantaran memperpendek jarak tempuh tidak kurang dari 3 kilometer, dibandingkan jalur memutar melewati Kota Wates. Sehingga jalur ini pun cukup padat dengan volume kendaraan 

 

Penulis : Bhisma Bharata
Editor : Sodik
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News