Jembatan Nawacita Tegaldowo, Jadi Obyek Wisata, Gairahkan Perekonomian Warga
Kamis, 20 Februari 2020 10:13 WIB

Jembatan+Nawacita+jadi+obwis+alternatif

PEMBANGUNAN jembatan gantung Nawacita di Tegaldowo, Bantul membawa dampak positif bagi warga sekitar. Selain menghubungkan dua wilayah yang dipisahkan dengan sungai, kini area sekitar jembatan jadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Ya, setiap hari ada saja warga yang datang ke lokasi itu. Selain melihat dan berfoto di atas jembatan gantung, pengunjung juga datang sekaligus untuk berwisata di Taman Puspa Gading yang ada di area jembatan. Pada akhir pekan, pengunjung yang datang cukup banyak, khususnya pengunjung keluarga.

Baca juga

Dilihat dari dekat, jembatan Tegaldowo dan Taman Puspa Gading yang ada di dekatnya memang layak jadi destinasi alternatif. Sejumlah sarana prasarana pendukung sudah disiapkan pengelola agar bisa dimanfaatkan pengunjung. Di taman itu, ada kolam renang ukuran mini lengkap dengan seluncuran, khusus untuk anak-anak.

Wahana lain ada tempat menangkap ikan yang ada di samping kolam renang. Kemudian tempat mandi bola, tempat mewarnai, ayunan, tempat bermain mobil-mobilan, plus titik-titik spot foto yang cukup menarik. Wahana-wahana ini bisa diakses dengan biaya yang cukup ringan, hanya Rp 5 ribu saja.

{$lg[1]}
Gazebo disiapkan untuk warga berteduh dan menunggu anak-anak bermain. Foto: dok WK

Bagi pengunjung tidak perlu khawatir, ada beberapa gazebo yang disiapkan pengelola untuk berteduh. Ada pula pendopo ukuran besar yang disiapkan di bagian atas. Di sampingnya ada kamar mandi yang kondisinya cukup bersih. Kamar mandi juga ada di dekat kolam renang. Ada juga mushola di dekat pendopo.

Sejumlah sarana lain terlihat masih dikerjakan di sekitar lokasi. Bila sudah selesai, tentu akan menambah semarak dan memberi lebih banyak pilihan wahana bagi pengunjung.,

{$lg[1]}
Area mandi bola menjadi salah satu wahana yang ditawarkan untuk pengunjung sekalin kolam renang dan kolam tangkap ikan. Foto: dok WK

Bila  perut terasa lapar, jangan khawatir cukup banyak pedagang yang menjajakan aneka makanan. Ada pecel, mie, gorengan, aneka makanan berat dan aneka minuman. Soal harga, tak perlu khawatir karena jajanan di sini masih ditawarkan dengan harga yang cukup murah.

Sophia, salah satu pengunjung mengaku Taman Puspa Gading cukup menarik, tapi sayang ia datang tanpa kelengkapan mandi. “Dikira tidak ada kolam renangnya, jadi gak bawa baju salin. Nanti kesana lagi kapan-kapan,” ucapnya.

{$lg[1]}
Jembatan Nawacita Tegaldowo memiliki bentang 60 meter dan lebar 1,8 meter. Foto: dok WK

PPK Pembangunan Jembatan Tegaldowo, H Sukiswandi ST mengungkapkan, jembatan itu dibangun untuk menghubungkan dua wilayah yang terpisahkan oleh sungai. Jembatan memiliki bentang 60 meter dan lebar 1,8 meter.

Dia mengaku senang karena keberadaan jembatan sekaligus menggairahkan perekonomian warga sekitar. “Baguslah sekarang malah jadi tempat wisata. Kami senang karena selain jembatan itu bermanfaat juga bisa menggairahkan ekonomi masyarakat,” katanya.

 

Penulis : O-Kz
Editor : Dodi Pranata
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News