Mendesak, Proyek Fisik di TPA Piyungan Jalan Terus
Jumat, 22 Mei 2020 13:19 WIB

Lelang+paket+fisik+TPA+Piyungan+tetap+jalan

YOGYAKARTA (wartakonstruksi.com) – Penghentian proses lelang paket fisik akibat Covid-19, tidak menyentuh pekerjaan yang dikategorikan urgen. Salah satunya adalah pekerjaan fisik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan. Lelang paket senilai Rp 13,6 miliar tetap berjalan sebegaimana mestinya.

Pantauan di laman LPSE Pemda DIY, lelang paket milik Dinas PUP ESDM DIY baru pada tahap pengumuman pascakualifikasi. Data laman menunjukkan, lelang paket dengan kode 10227013 diikuti 70 peserta.

Baca juga

Item pekerjaan pada proyek itu meliputi pekerjaan tanggul, pekerjaan jalan operasional, pekerjaan pipa lindi dan pekerjaan drainase. Pekerjaan-pekerjaan ini sangat urgen agar TPA bisa beroperasi dengan baik setelah sempat kembali ditutup beberapa waktu lalu.

Kabid Cipta Karya Dinas PUP ESDM DIY, Arif Azazi Zein ST M.Eng membenarkan bila proyek fisik di TPA Piyungan tetap dilelangkan. Menurutnya, pekerjaan di TPA yang sudah overload itu tidak mungkin disetop seperti paket lain karena akan menimbulkan dampak yang lebih parah lagi.

“Untuk TPA Piyungan tetap dilanjut, tidak dicoret. Yang lainnya, dicoret semua,” ucap Arif, kemarin.

TPA Piyungan termasuk salah satu yang direncanakan dikelola dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) selain SPAM Kamijoro. Saat ini tahapan KPBU, kata Arif, baru sampai pada tahap outline business case. “Itu kan harapannya nanti di 2022 rampung,” katanya.

Anggota Komisi C DPRD DIY Amir Syarifudin sependapat bahwa pekerjaan di TPA Piyungan tetap harus dilanjutkan karena kondisi dan tuntutan masyarakat. “Kalau tidak ditanggul masuk ke persawahan dan itu rutin,” katanya.

 

Penulis : O-Kz
Editor : Dodi Pranata
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News