New Normal, Pengelola Breksi Tambah Fasilitas Kesehatan dan Pasang 54 Wastafel
Sabtu, 13 Juni 2020 19:57 WIB

54+wastafel+disiapkan+pengelola+Breksi+menyambut+new+normal

SLEMAN (wartakonstruksi.com) - Untuk menyambut new normal pengelola obyek wisata (obwis) Tebing Breksi di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan berbenah. Beberapa fasilitas umum dilengkapi standar protokol kesehatan Covid-19.

"Kemarin ada kunjungan dari Dinas Pariwisata juga dari Bapak Gubernur dan sudah kita siapkan apa-apa saja yang harus disediakan untuk menjaga keselamatan, terutama untuk keselamatan pengelola dan pengunjung. SOP kita sudah ada sedangkan waktu pembukaan masih menunggu instruksi dinas-dinas terkait," kata salah satu pengelola, Eko Nur Setiawan, kemarin.

Baca juga

Sejumlah sarana prasarana  tambahan tersebut dibangun bertujuan untuk pencegahan penyebaran virus SARS- CoV-2 atau Covid-19. Biaya pembangunan tersebut, kata dia, bersumber dari pengelola dan didukung dari Bumdes serta Pemdes setempat.

Bangunan yang telah disiapkan di antaranya ruangan kesehatan, yang lokasinya  di bagian atas. Selain itu, penyediaan handsanitaizer di pos penjagaan dan ruang informasi serta beberapa tempat cuci tangan. "Disediakan sebanyak 54 unit wastafel untuk cuci tangan, yang tersebar di beberapa titik, yang mudah dijangkau dan terlihat oleh para pengunjung," ungkapnya.

Selain membangun sarana tambahan, pihak pengelola menyiapkan alat pengecek suhu tubuh. Apabila pengunjung yang kedapatan memiliki suhu diatas batas normal yakni 37,5 derajat maka pengunjjng tidak diperkenankan masik ke area wisata.

Lebih jauh dikatakannya pihaknya menyoroti akses jalan rigid beton menuju lokasi. Pasalnya jalan yang di cor pada tahun 2018 tersebut marka jalannya sudah mulai tidak nampak sedangkan di sisi lain jalan cukup curam dan banyak tikungan tajam.

Bupati Sleman, Sri Purnomo mangatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman akan berupaya memberikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan kepada pengunjung ketika mengunjungi destinasi wisata di Sleman di masa penerapan new normal.

"Pada tempat - tempat antre perlu penambahan pembatas dengan diberi jarak, seperti pada pintu masuk dan di toilet, dari Breksi sudah bagus di masa pandemi justeru tidak merumahkan para pekerja," kata Sri Purnomo.

Sri Purnomo juga mengapresiasi pihak manajemen obwis Tebing Breksi. Menurutnya persiapan menuju penerapan new normal sudah mengacu pada protokol kesehatan Covid 19.

Penulis : Eko Purwono
Editor : Dodi Pranata
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News