Pusat Kuliner Tanpa Toilet Segera Difungsikan, Dinas Buka Akses Jalan ke Pasar Denggung
Senin, 09 September 2019 15:49 WIB

Pusat+Kuliner+Denggung+segera+dioperasikan

SLEMAN (wartakonstruksi.com) - Proyek pembangunan pusat kuliner di Taman Denggung akhirnya rampung. Dalam waktu dekat puluhan pedagang kuliner yang biasanya membuka lapak di area taman Denggung segera direlokasi dan ditata di tempat yang letaknya berdampingan dengan lingkungan Pasar Denggung.

Sayangnya ada yang janggal dalam pelaksanaan proyek milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman tersebut, di mana tidak ada satu pun toilet yang dibangun di lokasi tersebut. Kondisi ini membuat pengunjung terpaksa harus mencari tempat sendiri, sementara ini toilet hanya tersedia di dalam lingkungan pasar.

Baca juga

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Tradisional Disperindag Sleman, Haris Martapa, mengatakan bahwa pihaknya akan membuka akses jalan menuju area dalam pasar Denggung. Hal ini diupayakan menyusul rencana akan dibukanya pusat kuliner itu hingga 24 jam.

"Untuk operasional malam MCK  di dalam pasar akan dioptimalkan, jadi pintu pasar akan kita buka saat malam hari, selain itu instalasi pembuangan limbah perlu disempurnakan, karena untuk kuliner agak khusus pembuangan limbahnya," ungkap dia, Senin.

Soal jumlah pedagang dan pembagian sift pedagang, dirinya belum bisa merinci, lantaran sedang proses sinkronisasi dengan paguyuban pedagang. "Kalau tempatnya ada 32 unit, jika dibuat sift pagi dan malam nantinya akan mampu menghimpun sekitar 64 pedagang, buka selama 24 jam, pengelolaan jadi satu dengan pasar denggung," kata dia.

Sebelumnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman telah menuntaskan proyek dengan serapan anggaran APBD mencapai Rp 734,5 juta, digarap oleh kontraktor CV Banturejo. Ke depan pengelolaan bakal dihandle sepenuhnya oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan  Sleman.

"Penataan kuliner Denggung menjadi kewenangan Disperindag Sleman dan UPT Stadion yang mengurusi Taman Denggung, kami hanya bangunkan sarana untuk pedagang saja. Pembangunanya sudah selesai, dari kontraktor sudah diserahterimakan, tinggal kita serahkan ke Disperindag," terang PPK Penataan Taman Denggung, Junaidi.

Ditambahkan Sumadi selaku Kepala UPT Stadion Maguwoharjo,  yang juga penanggung jawab Taman Denggung, pihaknya memastikan wilayah itu akan bersih dari pedagang PKL. "Hasil rapat kemarin dibatasi sampe tanggal 12 September 2019 seluruh PKL pindah ke lokasi baru," katanya.

 

 

 

 

Penulis : Eko Purwono
Editor : Sodik
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News