Sempat Terhambat Cuaca, Progress Embung Imogiri 2 Nyaris Sentuh 80 Persen
Kamis, 22 Juli 2021 10:50 WIB

progres+embung+Imogiri

BANTUL (wartakonstruksi.com) – Kinerja apik ditunjukkan pelaksana proyek pembangunan embung Imogiri 2 di Nogosari I, Wukirsari, Imogiri, Bantul. Progres pembangunan embung yang difungsikan untuk mengantisipasi banjir ini sudah mencapai 79,7 persen.

“Progres sekarang di angka 79,720 persen dari rencana 76,244, sehingga mengalami deviasi positif 3,476 persen,” tegas Sutapa, pelaksana lapangan ditemui di lokasi, kemarin.

Baca juga

Sejumlah item pekerjaan pada proyek yang dikerjakan PT. Aneka Reka Buana ini di antaranya perkuatan kolam embung, perkuatan lereng sungai, bangunan inlet dan outlet pelimpah serta pintu, pekerjaan pompa pengosongan tampungan embung, jalan inspeksi, fasilitas pendukung dan pegar pengaman.

Pantauan di lokasi, dari sejumlah item itu hanya sebagian kecil saja yang belum selesai dikerjakan. Yakni pembuatan inlet dan outlet, penyelesaian pengosongan tampungan embung, dan perkuatan kolam embung. Pada bagian ini dua sisi kiri dan kanan inlet-outlet masih belum tersambung.

“Di bagian ujung juga masih belum, nanti akan disambung karena di sana sementara ini digunakan untuk akses keluar masuk alat berat. Di dekatnya nanti juga ada rumah pompa,” jelas Sutapa.

Sementara itu, pada pekerjaan pengaman saluran sungai Celeng yang ada di samping embung, masih menyisakan sedikit saja. Bagian ini akan diselesaikan setelah tidak ada lagi lalu lalang alat berat ke dalam embung.

Kemudian bagian jalan inspeksi, terlihat sudah terpasang sebagian. Untuk pagar, sudah terlihat sampel pagar yang akan dipasang di sekeliling embung. “Pagarnya nanti sama seperti embung Imogiri 1. Sampelnya sudah ada di lokasi,” tambahnya.

Secara teknis embung Imogiri 2 memiliki luas dasar tampungan 3632 m2, luas permukaan tampungan 7342 m2, luas muka air tampungan 6542, luas muka air banjir 8002 m2, dan volume efektif tampungan 32625 m3.

Tujuan pembangunan embung selain untuk konservasi air tanah, mengantisipasi luapan banjir dari sungai Celeng, juga sekaligus sebagai sarana wisata.

Penulis : O-Kz
Editor : Dodi Pranata
COMMENTS
Belum ada komentar dari pembaca

Opini

Popular News